Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Stiker
Terdapat berbagai macam jenis media promosi cetak yang dapat
digunakan untuk beriklan. Sebut saja brosur, flyer, pamflet, leaflet, booklet, stiker hingga
katalog. Kemiripan masing-masing media promosi cetak tersebut
seringkali membuat bingung. Hal ini dikarenakan mereka memiliki cara pengemasan
yang sama namun dengan fungsi dan tujuan yang berbeda.
Misalnya saja sulit sekali
membedakan antara pamflet, brosur, dan leaflet. Begitupula membedakan antara
flyer dengan selebaran. Sedangkan tak sedikit pula orang yang kebingungan
membedakan antara katalog dan booklet. Tulisan ini akan
khusus membahas dari A-Z tentang pamflet, brosur, dan stiker.
Brosur
v Definisi Brosur
Berbeda dengan flyer, brosur pada umumnya
didesain dalam ukuran kertas yang standar dan dapat dilipat. Baik dilipat
menjadi dua maupun tiga bagian. Brosur memiliki desain yang lebih rumit
daripada flyer karena memiliki susunannya tersendiri.
Misalnya saja pembuat brosur harus menyusun headline,
gambar, dan informasi yang akan dibagikan. Di luar negeri,
perusahaan-perusahaan ternama bahkan memperkerjakan copywriter khusus
untuk menulis headline dan konten brosur.
v Tujuan Brosur
Berbeda dengan media promosi lainnya seperti flyer misalnya, pembuatan brosur memiliki tujuannya
tersendiri. Salah satunya adalah sebagai bahan follow up ketika
seorang sales menawarkan produknya sembari mempersuasi pelanggan. Selain itu,
informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan cenderung lebih detail.
Brosur pada umumnya diselipkan dalam surat penjualan dan proposal sebagai bahan
pendukung.
v Kelebihan Brosur
Brosur dapat
didistribusikan dengan luwes daripada poster yang sifatnya hanya terbatas dan
ditempel di tempat-tempat tertentu saja. Brosur juga cocok digunakan sebagai
media promosi cetak di daerah tertarget. Brosur tidak serta merta digunakan
untuk mepromosikan produk dan jasa saja. Brosur juga dapat digunakan untuk
mempromosikan tempat, program, dan aktivitas-aktivitas sosial.
Eksistensi brosur pun
ternyata sudah sejak zaman dahulu kala. Saat ini fungsi brosur memang
dimanfaatkan sebagai media promosi dan bersifat informatif. Akan tetapi, fungsi
brosur pada zaman dahulu justru sebagai alat propaganda.
v Kekurangan Brosur
Sifat brosur sebagai direct marketing membuat
jangkauannya tidak luas. Jika Anda ingin lebih luas dalam mendistribusikannya,
maka Anda harus mencetak brosur dalam jumlah yang banyak pula.
Pamflet
v Definisi Pamflet
Dari segi bentuk, pamflet memiliki kemiripan
bentuk dengan booklet. Hanya saja, pamflet tidak dijilid dan tidak bercover.
Dalam beberapa kesempatan, pamflet dikemas dengan cara dilipat dengan
menggunakan selembar kertas khusus yang panjang dan saling terhubung satu sama
lain.
v Tujuan Pamflet
Pamflet sangat berguna jika digunakan untuk
komunikasi dalam berbisnis. Tujuan pamflet secara spesifik digunakan untuk
mengedukasikan, menginformasikan, atau menghibur penerima tertarget Anda.
Pamflet pada umumnya digunakan untuk mempromosikan slogan dan pesan.
v Kelebihan Pamflet
Pamflet memiliki bentuk desain yang unik
sehingga pembaca menjadi lebih menarik. Cakupan informasi yang dapat
dicantumkan dalam pamflet juga cukup luas. Menggunakan pamflet sebagai media
promosi cocok bagi Anda yang ingin menggunakan metode “bercerita” dalam
promosi.
v Kekurangan Pamflet
Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam
mendesain pamflet. Hal ini disebabkan karena penyajiannya yang pada umumnya
dilipat dengan bentuk-bentuk tertentu atau didesain dengan cara tertentu.
Kesalahan desain dan pengukuran dapat berakibat fatal.
Stiker
v Definisi Stiker
Stiker adalah media promosi
yang aplikasinya ditempelkan pada produk sebagai identitas sebuah merk agar
mudah dikenali oleh target market dan membedakan dengan pesaing. Stiker yang
bagus hendaknya mudah diingat dari segi bentuk dan visual grafisnya.
v Tujuan Stiker
Stiker berfungsi sebagai media
promosi tempel pada kemasan dan label produk. Memberikan identitas tertentu
pada merk dagang yang ada, agar konsumen mudah mengenali dan tertarik untuk
menggunakannya secara terus-menerus.
v Keuntungan stiker
Keuntungan stiker adalah harga
murah dan memiliki fleksibilitas dalam penerapannya sedangkan ukurannya tidak
terbatas, tergantung kemauan pelanggan dan kemampuan percetakan.Karena stiker
adalah media yang sangat umum dan banyak sekali ditemui, maka perancangan
merchandise ini perlu dipertimbangkan segi point of interestnya, supaya dapat
menarik perhatian yang lebih baik daripada sticker-sticker lain yang mungkin
ditempatkan pada area yang sama .
v Ciri-ciri desain stiker
Sebagai salah satu media
promosi cetakan, stiker sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan
stiker dengan media promosi cetakan lainnya :
Ø Huruf, gambar dan warna sangat
menyolok.
Ø Tampilan lebih diutamakan
tulisan dari pada gambar.
Ø Media komunikasi yang
disampaikan dengan cara melekatkan di tempat tertentu.
Ø Kalimat yang diinformasikan
sangat pendek agar mudah dibaca dengan cepat.
Komentar
Posting Komentar