Komunikasi Massa

KOMUNIKASI


Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Berikut beberapa penjelasan tentang jenis-jenis komunikasi      :
1.      Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
2.      Komunikasi Antar pribadi
Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung.
3.      Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang
4.      Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain.
5.      Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok.
6.      Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen.

Komunikasi yang baik dapat terbentuk karena beberapa komponen komunikasi. Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah :
  • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  • Saluran (channel) adalah media di mana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  • Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")
Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangat berperan penting dan memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah peran dan fungsi komunikasi massa dalam kehidupan sehari-hari      :
a.       Peran Komunikasi Massa
·         Sebagai  institusi  pencerahan  masyarakat,  yaitu  perannya sebagai media edukasi
·         Media massa menjadi media informasi bagi masyarakat
·         Media  massa  sebagai  media  hiburan.  Sebagai  agent  of change, media massa juga menjadi institusi budaya, menjadi corong kebudayaan, katalisator perkembangan budaya.
·         Media sebagai pencipta lapangan kerja barang maupun jasa serta  mengembangkan  indsutri  lain  terutama  dalam  hal periklanan / promosi.
·         Media  massa  sebagai  sumber  kekuatan  kontrol, manejemen, dan inovasi masyarakat.
·         Media  massa  sebagai  lokasi  tempat  dimana  untuk menampilkan  peristiwa  atau  fenomena  sosial  yang  terjadi ditengah masyarakat.
·         Media  massa  sebagai  media  pengembang  macam-macam budaya, tata cara, atau gaya dalam hidup masyarakat.
·         Media  massa  sebagai  sumber  dominan  pencipta  citra individu, kelompok maupun masyarakat.
b.      Fungsi Komunikasi Massa
·         Surveillance (Pengawasan)
·         Interpretation (Penafsiran)
·         Linkage (Pertalian)
·         Transmission of Values (Penyebaran Nilai-Nilai)
·         Entertainment (Hiburan)

Proses komunikasi sendiri adalah komunikasi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih dimana orang pertama berperan menjadi pengirim pesan (Sender)atau informasi sedangkan orang kedua berperan sebagai penerima informasi yang memberikan respon atas informasi yang telah didapatkan (Receiver).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Stiker

Perbedaan Komunikasi Interpersonal, Massa dan Publik

SOSIALISASI Di SMA Negeri 5 Kota Tegal