Komunikasi Massa
KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide,
gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan
secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila
tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih
dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap
tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara
seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Berikut beberapa penjelasan tentang
jenis-jenis komunikasi :
1.
Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi
intrapribadi adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau
tidak. Misalnya berpikir.
2.
Komunikasi Antar pribadi
Komunikasi antar pribadi
adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan
respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung.
3.
Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok
merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang
4.
Komunikasi Publik
Komunikasi publik
adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak),
yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah,
pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain.
5.
Komunikasi Organisasi
Komunikasi
organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi,
bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar
dari komunikasi kelompok.
6.
Komunikasi Massa
Komunikasi massa
(mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak
maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan
yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan
heterogen.
Komunikasi yang baik dapat terbentuk karena beberapa komponen
komunikasi. Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi
bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen
komunikasi adalah :
- Pengirim atau komunikator (sender)
adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
- Pesan (message) adalah
isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
- Saluran (channel) adalah
media di mana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi
antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan
getaran nada/suara.
- Penerima atau komunikate (receiver)
adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
- Umpan balik (feedback)
adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
- Aturan yang disepakati para
pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan
("Protokol")
Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangat berperan
penting dan memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah peran dan fungsi
komunikasi massa dalam kehidupan sehari-hari :
a.
Peran
Komunikasi Massa
·
Sebagai institusi
pencerahan masyarakat, yaitu
perannya sebagai media edukasi
·
Media
massa menjadi media informasi bagi masyarakat
·
Media massa
sebagai media hiburan.
Sebagai agent of change, media massa juga menjadi institusi
budaya, menjadi corong kebudayaan, katalisator perkembangan budaya.
·
Media
sebagai pencipta lapangan kerja barang maupun jasa serta mengembangkan
indsutri lain terutama
dalam hal periklanan / promosi.
·
Media massa
sebagai sumber kekuatan
kontrol, manejemen, dan inovasi masyarakat.
·
Media massa
sebagai lokasi tempat
dimana untuk menampilkan peristiwa
atau fenomena sosial
yang terjadi ditengah masyarakat.
·
Media massa
sebagai media pengembang
macam-macam budaya, tata cara, atau gaya dalam hidup masyarakat.
·
Media massa
sebagai sumber dominan
pencipta citra individu, kelompok
maupun masyarakat.
b.
Fungsi
Komunikasi Massa
·
Surveillance
(Pengawasan)
·
Interpretation
(Penafsiran)
·
Linkage (Pertalian)
·
Transmission of Values
(Penyebaran Nilai-Nilai)
·
Entertainment (Hiburan)
Proses komunikasi
sendiri adalah komunikasi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih dimana orang
pertama berperan menjadi pengirim pesan (Sender)atau
informasi sedangkan orang kedua berperan sebagai penerima informasi yang
memberikan respon atas informasi yang telah didapatkan (Receiver).
Komentar
Posting Komentar